Wisata Religi Wali 5 di Jawa Timur

Tour dan Sewa Mobil Hiace Malang program layanan paket spesial wisata religi ziarah Wali 5 (lima) yang terdiri dari sunan Ampel, Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Bonang. Nanti akan kita ulas satu-persatu perjalanan ziarah ke masing-masing wali 5.

Wisata Religi Ziarah Wali 5 Jawa Timur

 Wisata Tour Wali 5

Informasi ini terbuka seluas-luasnya bagi Anda yang memiliki rencana ingin ziarah ke Wali 5. Paket ziarah ini kami tawarkan kepada semua pengunjung website kami dengan harga paling efisien dan ekonomis.

Barangkali Anda yang berada di Banjarmasin dan sekitarnya di Kalimantan Selatan, atau juga Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, kami selaku Agen Tour Wisata Religi di Malang mengajak Anda ziarah ke tempat makam para tokoh Islam yang ada di Jawa Timur.

Kami yakin, masyarakat luas tentunya sudah mendengar tentang ketokohan masing-masing para Sunan 5 yang tersebut di atas. Paket ini bernama Wisata Tour Wali 5 Jawa Timur bersama eMYetrans Group.

Rute Ziarah Wali 5

Perjalanan ziarah ke Wali 5 pada prinsipnya kami tetap menyesuaikan perencanaan dari pihak peziarah. Jika belum memiliki perencanaan, maka tim kami akan membuatkan semacam schedule dan perencanaan yang dimaksud.

Tentu saja, ada pertimbangan dari setiap perencanaan yang dibuat dengan melihat kondisi di lapangan serta hal-hal teknis lainnya tanpa mengurangi kekhusyukan ziarah. Biasanya, kami akan mengkomunikasikan terlebih dahulu atau membuka ruang diskusi kepada ketua rombongan terkait rute ziarah Wali 5.

Setelah tercapai kesepakatan, maka tim kami akan menyusun jadwal tersebut sebagai acuan proses ziarah ke Wali 5 bersama rombongan Anda.

Fasilitas Tour Wali 5

Selama tour berlangsung, ada beberapa hal yang akan kami berikan (sesuai kesepakatan) yang kami sebut sebagai fasilitas. Diantaranya yakni:

  • Moda Transportasi berupa kendaraan menyesuaikan jumlah rombongan
  • Sopir
  • Hotel atau penginapan menyesuaikan budgeting.
  • Guide Tour Ziarah Wali Lima
  • Makan dan Minum selama program berlangsung
  • Dokumentasi kegiatan berupa foto/video
  • Singgah ke wisata lain jika waktu memungkinkan

Standar di atas bisa saja dihilangkan berdasarkan keperluan peziarah, kecuali sopir.

Syarat Tour Wali 5

  • Minimal 6 orang dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas
  • Selama perjalanan bersedia mengikuti instruksi Guide Tour demi kenyamanan dan keamanan bersama
  • Membayar Down Payment (DP) sebagai akad transaksi awal untuk menandai kesepakatan
  • Pemesanan minimal 1 minggu lebih awal sebelum jadwal keberangkatan
  • Selebihnya akan dikomunikasikan langsung

Makam Sunan Ampel

Dikenal juga dengan sebuatan Raden Rahmat atau Sunan Ampel. Beliau merupakan salah satu tokoh penyebaran agam Islam di Surabaya. Ia dimakamkan di Kampung Ampel. Di lokasi ini terdapat pula Masjid Agung di dekat area makam. 

Dengan waktu yang efisien, kalian bisa jalan-jalan ke Kampung Arab yang letaknya tak jauh dari lokasi makam. Anda bisa sekaligus wisata kuliner khas Nusantara hingga Timur Tengah ditempat tersebut. 

Lokasi Makam Sunan Ampel: Jalan Ampel Masjid Nomor 43, Kelurahan Ampel. Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur.

Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat atau Raden Qosim adalah putera Sunan Ampel dengan Nyai Ageng Manila, beliau menyebarkan agama Islam di Desa Banjaranyar, Paciran, Lamongan. Dari Banjaranyar beliau pindah ke Desa Jelak yang penduduknya menganut agama Hindu-Budha.

Pada tahun 1481 M Sunan Drajat mendirikan musholla untuk berjamaah dan mengajarkan agama Islam kepada santrinya. Setahun kemudian beliau membuka hutan dan diberi nama Desa Drajat. Dari sinilah beliau mendapat gelar Sunan Drajat.

Makam utama Sunan Drajat berada di dalam cungkup yang dindinginya diukir dengan relief. Di dekat kompleks makamnya, terdapat pula Museum Sunan Drajat yang berisi gamelan kuno milik Sunan Drajat. 

 Lokasi Makam Sunan Drajat: Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Makam Sunan Gresik 

Sunan Gresik atau Sunan Maulana Malik Ibrahim Maulana adalah satu di antara beberapa Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Indonesia, yaitu pada abad XV dan XVI.

Bangunan makam Makam Maulana Malik Ibrahim memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan makam yang lainnya sehingga mempunyai daya tarik mempesona bagi wisatawan. 

Hal ini dapat dilihat dari bahan batu nisan dan gaya tulisan arab yang terdapat pada makam. Batu nisan bergaya nisan Gujarat, serta model tulisan arabnya banyak dijumpai di negeri Gujarat. 

Peninggalan-peninggalan Maulana Malik Ibrahim antara lain Masjid Pasucinan di Desa Leran dan Langgar di Pondok Pesantren di Desa Jawa (Sekarang Kelurahan Kemuteran Kota Gresik).

Di lokasi kompleks pemakaman dikelilingi makam keluarga dan umum. Di kawasan ini Anda bisa menemukan pasar tradisional yang menjual berbagai macam oleh-oleh. 

Lokasi Makam Sunan Gresik: Jalan Malik Ibrahim Nomor 52-62, Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Makam Sunan Giri

Sunan Giri atau disebut juga Raden Paku Muhammad Ainul Yaqin. Makam Sunan Giri atau Kompleks Pemakaman Sunan Giri adalah salah satu pemakaman khusus dari salah satu Walisanga atau Wali Sembilan, penyebar agama Islam di Pulau Jawa. 

Di kompleks pemakaman ini selain persemayaman jasad Sunan Giri, bersemayam juga jasad para keluarga seperti ibu asuh, istri, dan putera-puterinya.

Kompleks Makam Sunan Giri ini dulunya adalah lokasi kerajaan Giri Kedaton yang didirikan oleh Sunan Giri pada 9 Maret 1487.

Pegirian yang terletak di lereng bukit wilayah Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik ini adalah tempat dimana Sunan Giri mendirikan padepokan belajar kitab kuning.

Di lokasi makam ini terbilang unik karena secara struktur bangunan mempertahankan gaya bangunan Kerajaan Astana Giri Kedaton. Lokasinya berada pada ketinggian sekitar 120 meter di atas permukaan laut. 

Lokasi Makam Sunan Giri: Jalan Sunan Prapen Nomor 7, Kelurahan Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang, adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam atau Wali Sanga dan banyak menggunakan aktifitas seni dalam dakwah dan penyebaran agamanya. 

Beberapa karya seni yang diciptakannya dalam bagian penyebaran agamanya antara lain Dakwah melalui pewayangan, menyempurnakan instrumen gamelan, terutama bonang, kenong dan kempul, Wujil, macapat, nyanyian Tombo Ati yang banyak di nyanyikan ulang pada era sekarang ini dan masih banyak lagi.

Sunan Bonang, yang memiliki nama Raden Maulana Makdum Ibrahim adalah anak dari Sunan Ampel dan wafat pada tahun 1525 M. 

Pada dasarnya, makam Sunan Bonang berada di 2 tempat yaitu di Bawean dan Tuban, dan dipercaya keduanya adalah asli. 

Saat memasuki kompleks pemakaman, kamu akan melihat tiga gapura bergaya Hindu-Buddha. Setelah itu, kamu akan menemui jalanan setapak yang dikelilingi ratusan makam. Makam utamanya berada di tanah yang lebih rendah.

Lokasi: Jalan KH Mustain, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Demikian informasi tentang Wisata Religi Wali 5 di Jawa Timur yang bisa kami sampaikan. Jika Anda memiliki rencana ziarah ke tempat-tempat di atas, silakan hubungi kami di nomor 082171300600.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Paling Banyak Dibaca